Selasa, 01 Oktober 2013

Desain Untuk Sablon

DESAIN GRAFIS untuk SABLON

   DESAIN GRAFIS memang sangat dibutuhkan untuk menunjang hampir semua bisnis di masa sekarang.
Karena hampir semua iklan untuk produk yang kita jual membutuhkan sentuhan gambar yang artistik untuk
memikat para pembeli. Baik itu berupa barang atau jasa yang akan kita pasarkan.
  Seperti halnya bisnis percetakan, baik itu Printing ataupun Sablon, desain grafis tak bisa lepas dari gambar
dan huruf yang selaras untuk memikat para pembeli/konsumen.
  Desain untuk sablon misalnya, desain ini merupakan master atau film untuk membuat alat cetak pada media
 yang di sebut SCREEN. Master atau Film untuk sablon berbeda dengan master untuk PRINTING.
FILM atau MASTER untuk sablon lebih sederhana, cukup dengan di print diatas kertas HVS atau kertas Kalkir, lebih bagus lagi dengan menggunakan REPRO berbahan dasar plastic mika.
Bila anda tak ada waktu atau tak begitu mengerti dengan cara desain untuk sablon, banyak jasa pembuatan atau menerima pesanan desain sesuai yang anda inginkan (seperti contoh/gambar yang anda pesan).
Karena desain sablon berbeda dengan desain untuk mesin printing. Master atau Film untuk sablon terdiri dari banyaknya warna yang akan di cetak atau disablon.
Bila anda berminat anda dapat menghubungi di situs "senidananimasi.blogspot.com".
Kami juga mau membantu mengatasi permasalahan dan kesulitan di dunia sablon. Dan juga menerima pesanan Disain untuk Sablon atau untuk Printing. Kirim E-mail Ke : wahyusujiantoto@gmail.com atau hubungi ke no.: 08787 1955 100.
Berikut adalah bahan-bahan dan alat yang dipergunakan untuk sablon :
Bahan/alat yang digunakan untuk  SABLON al.:
1. Screen
2. Rakel/Karet
3. Obat Afdruk (Ulano, Autosol, Chromatin dll)
4. Meja Alas Kaca Bening.yang didalamnya dipasang lampu (Sinarnya Putih kurang lebih 40 W)
5. Busa Spon Kurang lebih 5 cm
6. Cat Sablon (Cat kertas, cat plastik atau cat kaos/kain)
7. Pencuci Screen (Ulano 5, Bisa juga dengan kaporit atau sunklin)

Klise/Film Untuk Afdruk antara lain :
1. Repro (Sangat dianjurkan)
2. Kertas Kalkir Print dengan Printer Laser Jet
3. Kertas HVS Print dengan Printer Laser Jet Kemudian diolesi dengan minyak goreng atau bisa juga
     dengan oli agar kertas tampak transparan




Sekarang saya akan ulas tentang Afdruk (membuat Huruf atau gambar) pada kain screen.

I. Obat Afdruk.
    Biasanya obat Afdruk terdiri dari 2 macam campuran, Emulsion dan Sensitifser.
Perbandingannya kurang lebih 3 Emulsion dan 1 sensitifser, aduk hingga merata, bila terlalu kental bisa dicampur dengan air secukupnya (aduk hingga benar-benar tercampur). Kemudian tuang obat afdruk yang sudah tercampur tersebut pada permukaan screen kemudian ratakan pada permukaan luar dan dalam (usahakan jangan terlalu tebal lebih bagus tipis dan rata). Setelah rata keringkan pada tempat yang gelap bisa juga pada tempat yang redup. Alat pengeringnya bisa pakai Hair Dryer, Kipas Angin. Setelah benar-benar kering, sekarang siap untuk Proses AFDRUK.

a. Afdruk Dengan Sinar Matahari.
Pertama-tama alas (bisa Triplek yang agak tebal), kemudian diatasnya busa yang tebalnya kira-kira 5 cm dan sesuai dengan ukuran Screen yang akan di Ardruk. Kemudian Screen yang telah di bingkai (dalam keadaan tengkurap), setelah itu Klise/Film Repro tempelkan di tengah-tengah atau sesuai dengan kebutuhan.Kemudian paling atas kaca bening yang tebalnya 5 mm atau lebih. tekanlah dengan kuat alas triplek dan kaca tersebut kemudian arahkan pada sinar matahari. Bila matahari masih condong di timur atau dibarat waktu yang di perlukan lebih kurang 30 detik s/d 1 menit, namun bila matahari ada diatas waktu yang diperlukan lebih kurang 15 detik saja. 
b. Afdruk Dengan Lampu.
Persiapkan meja beralaskan kaca bening tanpa alas kayu hanya kaca bening yang diberi lampu neon lebih kurang 20 watt (2 lampu sejajar) yang jaraknya lebih kurang 30 cm di bawah kaca. Kemudian tempel kan gambar yang akan di afdruk diatas kaca. Kemudian Screen, beri bantalan busa Triplek dan beri beban agar busa menekan screen. Penyinaran lebih kurang 10 menit.

Proses selanjutnya adalah PENYEMPROTAN dengan menggunakan air.
Setelah proses penyinaran screen basahi dengan air di kedua sisi, usap dengan tangan perlahan-lahan. Guyur dengan air hingga larutan sensitifser (warna kuning) hilang. Setelah itu semprot dengan semprotan air (pada umumnya dengan menggunakan semprotan Merk TUDOR) karena semprotannya kuat dan kencang. Semprot secara perlahan hingga tulisan atau gambar benar benar bersih dari obat afdruk. Bila waktu di semprot huruf/gambar tak tembus biasanya waktu penyinaran terlalu lama dari waktu yang ditentukan. Bila ada kejadian seperti itu, gunakan sedikit obat Penghapus + air (Obat Untuk Menghapus Screen / Remover akan saya ulas nanti di artikel selanjutnya). Kemudian tuang pada Screen sebentar saja, guyur air dan semprot kembali. Bila telah berhasil keringkan pada alat pengering.

Tentang Screen Biar Kuat tidak rontok saat mencetak ribuan kali serta cara mencuci screen, tunggu artikel selanjutnya....





 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar